4 Tipe Coffee Machine untuk Bisnis Coffee Shop

4 Tipe Coffee Machine untuk Bisnis Coffee Shop

Others

Awal mula hadirnya mesin kopi karena kedai kopi yang ramai pengunjung namun tak kunjung  mendapatkan pesanan kopinya. Maka dari itu, muncullah mesin pembuat  kopi untuk menjawab masalah ini. Seiring berjalannya  waktu, mesin kopi hadir dengan berbagai tipe yang menyesuaikan kebutuhan. berikut ini tipe coffee machine untuk bisnis coffee shop!

  1. Mesin Super Otomatis

Mesin pembuat kopi yang keseluruhan kerjanya dijalankan secara otomatis. Dari mulai menggiling, memadatkan, hingga mengekstrak kopi menjadi kopi espresso. Mesin ini dapat menggantikan tugas-tugas barista untuk membuat espresso. Cara menggunakannya sangat simpel, cukup menekan tombol-tombol sesuai kebutuhan.

Alat ini tidak bisa memvariasikan rasa serta takaran. Maka dari itu, tidak direkomendasikan untuk coffee shop. Namun untuk kedai kopi yang  pertama kali buka, alat ini bisa dicoba. Mesin ini cocok digunakan untuk rumahan dengan aktivitas padat. Hanya perlu menekan tombol, satu cangkir kopi espresso siap dinikmati di waktu santai atau pagi hari.

  1. Mesin Otomatis

Mesin pembuat kopi espresso otomatis ini sering  disebut juga dengan istilah pod coffee. Sama seperti sebelumnya, cara kerjanya sangat praktis karena dibantu teknologi canggih. Mesin ini  tidak memerlukan kopi  bubuk untuk diseduh. Sebagai gantinya, diperlukan kapsul sebagai bahan baku untuk membuat secangkir kopi. Salah satu merek mesin ini  yaitu Dolce Gusto.

Tersedia dengan harga kisaran 2 hingga 3 juta yang disesuaikan dengan tipe dari mesin. Pod coffee ini tidak direkomendasikan untuk  warung  kopi, karena tidak dapat mengeksplor takaran dan rasa. Mesin pembuat kopi ini lebih cocok diterapkan untuk di rumah saat menikmati waktu bersantai atau memulai kegiatan padat di pagi hari.

  1. Mesin Semi Otomatis

Mesin yang  banyak digunakan tujuan komersial seperti di kedai kecil maupun kafe ternama. Mesin yang juga cocok digunakan untuk belajar menjadi barista dan penggemar kopi yang  ingin membuat sendiri. Biasanya  memiliki fitur portafilter, boiler, dan lever untuk mengekstrak kopi. Fitur yang membantu Anda untuk mengeksplor takaran, gilingan dan padatan kopi  sendiri.

Terdapat dua jenis mesin ini yaitu manual control yaitu proses untuk mengekstrak dapat dihentikan secara manual sesuai  kebutuhan.  Jenis lainnya yaitu programmable doses. Mesin yang  akan otomatis berhenti saat kopi mencapai takaran yang  sudah diatur sebelumnya.

  1. Mesin Manual

Mesin ini memiliki desain yang  elegan dan klasik  dan sangat  sesuai dengan fungsinya. Sesuai dengan namanya yaitu manual, segala pekerjaan dilakukan oleh tangan secara manual. Pembuat akan menakar, menggiling,  tamping, mengatur suhu, serta waktu sendiri. Fitur yang  dibuat juga lebih lengkap  yaitu steam pressure gauge, boiler, portafilter, manual lever.

Mesin pembuat kopi yang pas digunakan untuk kedai kopi dengan jumlah pelanggan yang wajar. Jika pelanggan terlalu banyak, maka akan semakin lama menunggu antrian. Namun ini tidak akan jadi masalah jika barista sudah handal dan tidak merasa kewalahan menggunakan alat ini.

Itulah keempat tipe coffee machine yang  dapat dipakai untuk pemula  bisnis coffee shop. Anda bisa belajar cara menggunakannya terlebih dahulu agar terbiasa saat membuat kopi untuk pelanggan. Kopi yang dibuat pun sebaiknya memiliki  variasi jenis dan rasa, agar semakin mahir  dan pintar mengeksplor rasa.