8 Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

8 Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai

Kesehatan

Kolesterol merupakan zat lemak dalam tubuh yang dibuat di dalam hati. Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu masalah kesehatan yang serius, maka dari itu Anda harus menjaga pola hidup agar tetap sehat. Berikut informasi tentang penyakit akibat kolesterol tinggi yang perlu Anda waspadai.

  1. Stroke

Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak tersumbat atau pecah. Saat stroke terjadi, otak tidak mendapatkan oksigen dan darah yang cukup sehingga jaringan otak akan mati dan menimbulkan gejala-gejala stroke seperti kelumpuhan pada anggota gerak dan fungsi indera.

2. Hipertensi

Kolesterol dan hipertensi adalah dua penyakit yang menjadi musuh bagi tubuh. Plak kolesterol yang mengeras dengan kalsium akan menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah melalui pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah akan meningkat.

3. Jantung Koroner

Penyakit yang satu ini sangat rentan dialami jika Anda mempunyai kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Kolesterol jahat yang tinggi akan menumpuk  di dinding arteri dan menyebabkan penyumbatan. Hal ini mengakibatkan pasokan darah menuju jantung terganggu.  Masalah ini akan menyebabkan masalah kesehatan seperti serangan jantung.

4. Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi terjadi ketika adanya penyempitan arteri pada pembuluh darah arteri pada penis. Penyempitan pembuluh darah disebabkan oleh penumpukan lemak yang mengandung kolesterol atau disebut aterosklerosis.

5. Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes melitus adalah salah satu penyakit yang mematikan. Kadar kolesterol dalam tubuh dapat meningkat apabila Anda menderita penyakit ini. Meskipun kadar gula darah Anda terkontrol dengan baik namun tidak menjamin kadar trigliserida dalam tubuh juga normal.

6. Gangguan Sistem Pencernaan

Kadar kolesterol yang tinggi dapat membuat ketidakseimbangan empedu yang menyebabkan batu empedu. Tak hanya itu saja, kolesterol tinggi juga menyebabkan penumpukan plak di arteri yang dapat menyumbat aliran darah ke ginjal dan lambung. Gejala-gejala gangguan sistem pencernaan biasanya adalah sakit perut, muntah dan tinja berdarah.

7. Penyakit Arteri Perifer

Penyakit ini menyerang pembuluh darah kecil akibat penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Biasanya penyakit ini akan menyerang pembuluh darah di tungkai dan kaki namun juga bisa menyerang pembuluh darah di ginjal.

8. Penyebab dan Faktor Risiko

Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seseorang mengalami kolesterol tinggi, antara lain makan sembarangan misalnya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans seperti gorengan. susu tinggi lemak dan margarin.

Obesitas juga memicu naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Anda bisa melakukan olahraga untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan mengurangi kolesterol jahat agar jumlah kolesterol dalam tubuh tetap seimbang.

Jika Anda seorang perokok, sangat disarankan untuk mengurangi atau berhenti karena merokok merupakan penyebab kadar kolesterol jahat meningkat. Anda juga disarankan untuk dapat mengelola stress agar kadar kolesterol tidak meningkat.

Penyakit akibat kolesterol tinggi memang menjadi penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu. Anda harus benar-benar mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh dengan cara mengatur pola makan dan gaya hidup yang sehat. Rajinlah untuk melakukan pengecekan kadar kolesterol untuk memantau jumlah kolesterol dalam tubuh.