Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi yang Tepat dan Aman

Cara Menghilangkan Cegukan pada Bayi yang Tepat dan Aman

Kesehatan

Cegukan adalah hal yang wajar, baik untuk orang dewasa maupun pada bayi. Namun, sebagian orang tua mungkin akan mencari seribu cara si bayi berhenti cegukan, karena menganggap hal tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada bayi. Berikut ini adalah cara menghilangkan cegukan pada bayi yang aman dan mudah.

1. Buat Bayi Bersendawa

Pertama, Anda bisa membuat si bayi bersendawa terlebih dahulu. Bersendawa akan membuat gas yang ada di dalam perut dan kerongkongan bayi keluar. Gas atau udara tersebut bisa menjadi salah satu penyebab dari bayi yang cegukan. Agar bayi bersendawa, Anda bisa menggosok atau menepuk secara lembut pada bagian bayi.

Pastikan untuk melakukannya secara perlahan dan tidak usah terlalu memaksa jika bayi tidak bersendawa, soalnya masih ada beberapa cara lain untuk mengatasi cegukan pada bayi. Jika dirasa bayi bersendawa dan cegukan sudah berhenti, maka cara pertama ini telah berhasil Anda lakukan.

2. Berikan Dot

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan memberikannya dot agar dihisap. Saat bayi menghisap dot akan membuat diafragma lebih rileks, sehingga bisa mengatasi cegukan pada bayi. Cegukan pada bayi bisa terjadi karena beberapa faktor, misalnya saat setelah ibu memberinya susu, atau juga karena menangis dan beberapa faktor lainnya.

Jadi, dengan memberinya sebuah perlakuan yang membuat bagian diafragma rileks mungkin akan membuat cegukannya berhenti. Jangan memaksakan untuk memberikannya dot, jika memang bayi menolak lebih baik jangan diteruskan, karena hal tersebut bisa memicu bayi mengalami gumoh.

3. Biarkan Cegukan Selesai dengan Sendirinya

Cara ketiga adalah dengan membiarkannya, karena memang pada dasarnya cegukan adalah hal yang wajar. Meskipun sedikit membuatnya tidak nyaman, namun paling tidak cegukan tidak akan membuat bayi merasa sakit ataupun mengganggu kesehatan. Jadi, daripada mencari cara yang takutnya justru tidak aman untuk bayi lebih Anda membiarkannya.

4. Berikan Air

Ini adalah cara terakhir dan tidak bisa diberikan secara sembarangan. Anda bisa melakukan cara ini jika bayi sudah berumur 6 bulan ke atas dan bayi sudah memulai MPASI. Jadi, saat bayi Anda masih kurang dari 6 bulan, maka cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi cegukan adalah dengan 3 cara di atas, hal tersebut demi keamanan sang bayi.

Cegukan sebenarnya juga bisa dicegah, yaitu dengan menjaga postur tubuh saat pemberian ASI dan pastikan saat memberinya ASI, bayi dalam kondisi yang tenang. Pola pemberian ASI juga bisa berpengaruh dalam menyebabkan cegukan pada bayi. Jadi, selalu pastikan pola pemberian ASI dalam waktu yang tepat dan jumlah yang tepat pula.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan cegukan pada bayi yang bisa Anda coba. Hal yang terpenting adalah tidak perlu panik saat bayi cegukan, karena hal tersebut adalah sesuatu yang sangat wajar atau jika masih ragu Anda bisa langsung menanyakan pada dokter bayi.