Cara Pemberian Susu Formula yang Benar untuk Bayi

Cara Pemberian Susu Formula yang Benar untuk Bayi

Kesehatan

Susu formula merupakan sebuah solusi untuk memberikan nutrisi yang cukup pada bayi. Bahkan disarankan setelah usia 6 bulan. Anda bisa memilih susu formula dari Morinaga sesuai dengan kebutuhan bayi. Berikut ini cara pemberian susu formula yang benar untuk bayi.

  1. Jumlah dan Frekuensi Pemberian Susu

Dimulai dengan memahami cara pemberian susu formula sesuai dengan jumlah dan frekuensinya. Anda mesti mulai secara bertahap pemberian susu formula kepada bayi. Bisa dilakukan secara bergantian dengan ASI untuk mencobanya.

Bagi bayi yang masih berusia setelah 6 bulan bayi membutuhkan susu setiap 4 sampai 5 jam. Jadi Anda bisa menyesuaikannya dengan jadwal minum susu bayi. Disesuaikan lagi dengan makanan pendukung ASI yang diberikan.

  1. Pembuatan Susu

Cara pemberian susu formula yang benar untuk bayi juga perlu memperhatikan cara pembuatan susunya. Anda harus menjaga kebersihan tangan jadi cucilah tangan dengan sabun sebelum membuat susu. Setelah itu ikuti takaran yang tertera di bagian kemasan susu agar tidak melebihi ketentuannya.

Sebelum memasukkan susu, masukkan dulu air hangat yang akan digunakan untuk pembuatan susu. Aduk susu sampai merata jangan sampai ada bagian bubuk susu yang tidak larut karena ini bisa berisiko dengan pencernaan bayi.  Suhu air yang tepat untuk pembuatan susu adalah 70 derajat celcius.

  1. Kebersihan dan Ukuran Botol

Dalam cara pemberian susu kepada bayi penting untuk Anda menjaga kebersihan botol susunya. Pastikan semua bagian botol susu tidak ada kotoran atau sudah steril sebelum pembuatan susu. Bersihkan dengan sikat khusus botol susu bayi agar kebersihannya lebih terjamin.

Ukuran botol susu yang digunakan Anda perlu menyesuaikan dengan kapasitas minum dari bayi. Jangan terlalu besar karena akan membuatnya susah untuk memegang dan jangan terlalu kecil karena bisa mempengaruhi larut atau tidaknya susu formula.

Adapun untuk jenis botol susu yang aman digunakan bayi Anda harus memilih yang sudah berlabel BPA-free. Bahan yang digunakan untuk pembuatan botol susu yang aman adalah  plastik polietilen dan polipropilen.

  1. Kedaluwarsa

Saat pemberian susu formula Anda perlu memperhatikan tanggal kedaluwarsa dari susu. Jangan membeli susu yang sudah mendekati tanggal kedaluwarsa karena bisa berisiko pada bayi. Lihat di bagian kemasannya dan sebaiknya melakukan pembelian di toko susu yang terpercaya.

  1. Susu Formula Terbaik

Susu formula yang digunakan dalam rangka mendukung kebutuhan nutrisi bayi maka Anda harus memilih susu yang terbaik. Pastikan kandungannya bisa mencukupi kebutuhan bayi dan tentunya tidak menyebabkan bayi mengalami alergi selama pemberian susu.

Susu Morinaga merupakan produk susu yang terpercaya memiliki kualitas kandungan terbaik. Ada banyak varian yang tersedia dengan komposisi masing-masingnya berbeda-beda. Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan bayi dan cocok untuk bayi.