Gejala Awal Jantung Koroner Yang Perlu Diwaspadai

Gejala Awal Jantung Koroner Yang Perlu Diwaspadai

Kesehatan

Gejala awal jantung koroner yang diderita seseorang mungkin berbeda-beda. Dalam beberapa kasus, gejala awal penyakit ini bahkan tidak begitu mengganggu.

Akan tetapi, gejala dari penyakit jantung koroner pada umumnya ditandai dengan rasa nyeri di dada secara tiba-tiba. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.

Penyebab tersebut diantaranya gaya hidup yang tidak sehat, faktor keturunan, serta akibat dari penyakit lain.

Berdasarkan data yang telah disampaikan oleh Kementrian Kesehatan RI, penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Jenis penyakit ini termasuk dalam kategori penyakit dengan tingkat kematian tinggi di dunia.

Gejala Awal Jantung Koroner Yang Perlu Diwaspadai

Jantung koroner memiliki banyak nama lain yang diantaranya jantung iskemik, penyakit jantung arteri koroner, atau penyakit jantung arteriosklerosis. Ini merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup mematikan.

Penyakit jantung koroner terjadi karena adanya sumbatan secara parsial pada aliran darah yang menuju ke jantung. Penyakit jantung koroner dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia.

Baik usia anak-anak hingga dewasa. Oleh karena penting sekali untuk mengenali gejala awal penyakit jantung koroner. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pencegahan dini pada penyakit berbahaya satu ini.

Faktor Terjadinya Penyumbatan Pembuluh Darah

Sebelum anda mengenal lebih lanjut mengenai gejala awal jantung koroner, ada baiknya anda mengetahui beberapa faktor penyebab terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Beberapa faktor tersebut antara lain adanya tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kebiasaan buruk merokok, kelebihan berat badan, dan diabetes melitus.

Tersumbatnya pembuluh darah dapat mengakibatkan pasokan darah menuju jantung tersendat. Hal ini dapat menyebabkan kinerja jantung menjadi terganggu.

Apabila hal ini dibiarkan, maka organ vital jantung akan mengalami kerusakan dan lebih fatalnya lagi terjadi kerusakan kronis. Oleh karena itu, diperlukan adanya penanganan yang cepat dan tepat.

Mengenal Gejala Jantung Koroner

Kita ketahui semua orang dapat berpotensi terserang penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi serta melakukan penanganan dini pada penyakit tersebut, anda perlu mengenal gejala awal jantung koroner.

Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi gejala penyakit jantung koroner:

Nyeri pada Dada

Nyeri yang terjadi pada dada memiliki istilah angina pektoris. Dimana merupakan gejala awal dari penyakit jantung koroner yang paling umum terjadi. Akan tetapi, rasa nyeri pada dada ini dapat berbeda-beda dari masing-masing orang.

Nyeri dada terjadi pada saat otot jantung tidak memperoleh asupan oksigen secara cukup. Rasa nyeri pada dada ini dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa diduga.

Sesak Nafas

Adanya rasa sesak nafas terjadi karena kinerja jantung tidak berjalan dengan normal. Hal ini disebabkan aliran darah tidak dapat masuk menuju paru-paru secara lancar sehingga membuat penderitanya mengalami sesak nafas.

Mudah Lelah

Rasa lelah merupakan hal yang wajar terjadi pada seorang yang selesai melakukan aktivitas berat. Akan tetapi, apabila anda merasa mudah lelah yang luar biasa tanpa melakukan aktivitas tertentu, maka dapat dikatakan hal tersebut merupakan gejala awal jantung koroner.

Detak Jantung Yang Tidak Teratur

Salah satu gejala penyakit jantung koroner yang perlu anda waspadai adalah adanya detak jantung yang tidak teratur. Hal ini dapat disebabkan oleh seringnya aktivitas minum kopi dan kurang tidur.

Gejala awal jantung koroner lainnya yang perlu anda waspadai adalah adanya pembengkakan pada pergelangan kaki dan punggung kaki. Selain itu, juga munculnya rasa mual dan muntah yang disertai dengan keluarnya keringat dingin. Hal ini disebabkan oleh otot jantung yang minim dengan aliran darah serta oksigen.