Latihan Sederhana yang Dapat Diberikan Untuk Mengajarkan Anak Mandiri

Latihan Sederhana yang Dapat Diberikan Untuk Mengajarkan Anak Mandiri

Parenting

Sifat mandiri anak tidak datang dengan sendirinya sehingga peran orang tua di sini adalah dengan mengajarkan anak mandiri sejak kecil. Anak tentu belajar banyak hal dari rumah terlebih dahulu sebelum siap dengan dunia luar yang akan dihadapinya. Anak yang mandiri akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungannya, bertanggung jawab, mengembangkan bakatnya, dan juga menyelesaikan masalahnya dengan baik.

Cara Mengajarkan Agar Anak Lebih Mandiri

Tidak perlu hal-hal yang terlalu sulit dalam mengajarkan anak untuk mandiri sejak kecil. Banyak latihan yang bisa diberikan untuk anak yaitu :

  1. Mengajarkan anak untuk buang air kecil dan buang air besar

Ini memang terdengar sepele namun sebenarnya hal yang penting. Ada saatnya anak harus bisa BAK dan BAB sendiri tanpa bantuan orang tua apalagi ketika anak sudah berumur 3 tahun. Ajarkan anak untuk menahan BAK atau BAB hingga tiba di toilet dan juga ajarkan anak untuk menggunakan alat-alat di toilet.

  1. Berikan tugas dalam membereskan mainannya

Saat kecil, anak relatif tidak membereskan mainannya dan membiarkannya berserakan sehingga ibu yang akan membereskannya. Hal tersebut wajar karena anak memang masih belum paham caranya. Namun seiring berjalannya waktu, ajarkan anak untuk membereskannya sendiri. sebagai permulaan, biarkan anak melihat ibu membereskan mainan sambil diberikan penjelasan. Kemudian biarkan anak membereskannya dengan bantuan ibu hingga pada akhirnya tanpa bantuan.

  1. Ajari anak mandi sendiri

Saat anak mandi, ajarkan cara untuk mandi sendiri dalam cara mengajarkan anak mandiri misalnya menggosok badan dengan sabun, menyiram badan, keramas, hingga sikat gigi. Jelaskan alat mandi yang dibutuhkan hingga pada akhirnya anak tahu bagaimana cara mandi sendiri tanpa bantuan orang tua.

  1. Ajari anak mengenakan pakaian sendiri

Pada awalnya ibu bisa memakaikan baju untuk si kecil namun tidak ada salahnya untuk sambil memberikan penjelasan yang mudah dipahami anak agar nantinya anak bisa berpakaian sendiri. Ibu juga dapat membiarkan anak memilih baju yang akan dikenakannya agar ia bersemangat mengenakannya sendiri. Ibu bisa memberikan bantuan hingga anak bisa mengenakan baju sendiri.

  1. Mengajarkan anak kata “terima kasih”, “tolong”, dan “maaf”

Hal ini terdengar sepele namun sangatlah penting dalam kehidupan sosial anak. Kata-kata tersebut juga penting untuk mengajarkan anak cara menghargai orang lain, meminta tolong, dan juga bertanggung jawab atas kesalahannya. Dengan ini anak juga akan tumbuh menjadi pribadi yang baik dan juga positif.

Perlu diperhatikan selain mengajarkan anak mandiri sejak kecil, ibu juga harus fokus dengan asupan nutrisi si kecil untuk membantu pertumbuhan tubuh dan juga otaknya sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikirnya. Berikan susu Nutrilon Royal sesuai dengan kategori umurnya sebagai tambahan nutrisi harian yang lengkap bagi si kecil.

Deskripsi : mengajarkan anak mandiri tidak harus hal-hal yang sulit karena banyak cara sederhana untuk diajarkan kepada si kecil.