Tanda-Tanda Kapan Harus Segera Ganti Oli Mesin

Tanda-Tanda Kapan Harus Segera Ganti Oli Mesin

Others

Umumnya ganti oli mesin dilakukan apabila kendaraan sudah mencapai jarak tempuh tertentu sesuai dengan kartu ganti oli. Padahal jalanan yang dilalui dan lamanya mesin beroperasi juga menjadi pertimbangan kapan harus mengganti oli. Umumnya penggantian oli mesin mobil disarankan untuk dilakukan setiap 6 bulan sekali atau setiap menempuh jarak 10.000 km apabila menggunakan jenis oli full sintetik dan setiap 5.000 km apabila menggunakan oli dengan campuran mineral.

Kapan Harus Ganti Oli Mesin?

Apabila mobil digunakan untuk kerja berat dan melewati penggunaan normal maka otomatis oli akan lebih cepat diganti. Jadi sebenarnya kurang tepat mengganti oli mobil berdasarkan jangka waktu atau jarak tempuh mobil. Namun jangan khawatir karena terdapat tanda-tanda kapan anda harus segera mengganti oli mobil.

  1. Penggantian oli pada mobil baru

Apabila anda baru saja membeli mobil baru maka akan disarankan untuk segera mengganti oli mobil apabila sudah menempuh jarak 1.000 km. Biasanya anda juga akan diminta untuk kembali mengganti oli apabila sudah mencapai jarak tempuh 2.500 km. Hal ini dilakukan untuk menjaga keawetan mobil baru. Tidak perlu khawatir karena pada saat ini biaya servis tidak akan dibebankan karena umumnya sudah termasuk ke dalam layanan gratis pada saat membeli mobil baru.

  1. Sesuai buku manual

Ganti oli bukan hanya pada saat membeli mobil baru saja namun juga mobil bekas. Tak jarang banyak orang yang mengacuhkan hal ini apalagi pemilik mobil baru yang sudah melewati masa gratis ganti oli dan akhirnya mengabaikan kondisi oli mobil.

Agar tidak bingung, setiap mobil akan dilengkapi dengan buku panduan yang umumnya disarankan untuk mengganti oli setiap 10.000 km namun ada juga yang 5.000 km. Maka dari itu bisa menggunakan tanggal dan kilometer yang tertera di dalam catatan servis sebagai acuan kapan harus ganti oli.

  1. Viskositas atau kekentalan oli

Kekentalan oli juga dapat dijadikan sebagai acuan kapan harus mengganti oli. Kekentalan oli bisa dilihat dari kode SAE atau Society of Automotive Engineering yang biasanya ditulis di kemasan oli. Angka ini merupakan tingkat kekentalan oli. apabila kode SAE 10W-40 artinya cukup kental sehingga anda bisa menggantinya apabila mobil sudah menempuh jarak sekitar 7.500 km hingga 10.000 km. Apabila SAE 20W-50 artinya tidak terlalu kental sehingga harus diganti pada 3.000 hingga 5.000 km.

  1. Mengganti filter oli

Kualitas oli mobil ternyata dapat mengalami penurunan dikarenakan kualitas filter oli yang juga sudah menurun sehingga menyebabkan kotoran mengendap pada saringan yang mengakibatkan sirkulasi oli tidak dapat dilakukan dengan baik karena kotoran yang sudah menumpuk pada komponen saringannya.

Selain mengganti oli, filter oli juga harus diganti setidaknya setelah dua kali mengganti oli atau waktu terbaik untuk mengganti filter oli yaitu setiap 8 bulan sekali atau setelah menempuh jarak lebih dari 20.000 km apabila mobil digunakan setiap hari.

  1. Cek kualitas oli

Terkadang catatan servis bisa saja hilang karena kelalaian sehingga tidak memiliki acuan kapan harus mengganti oli apalagi untuk pemilik mobil bekas yang biasanya tidak memiliki catatan servis dari pemilik sebelumnya. Namun terdapat cara untuk mengetahui kapan harus mengganti oli yaitu dengan mengecek kualitas oli mesin mobil. apabila oli mobil sudah mengalami perubahan warna, maka sebaiknya untuk segera mengganti oli mesin.

Bukan hanya itu saja, apabila oli mengeluarkan bau tengik dan berwarna hitam pekat artinya sudah tidak layak pakai yang dapat diakibatkan karena mboil sudah menempuh jarak yang cukup jauh. Apabila warna oli berubah menjadi seperti warna putih susu artinya oli terkontaminasi oleh air yang disebabkan kondisi mesin mobil yang bermasalah.

Apabila tanda-tanda tersebut terjadi pada mobil anda, maka segeralah untuk ganti oli di bengkel terdekat di kota anda. Anda juga bisa langsung memesan jadwal bengkel ganti oli dengan mudah hanya di Otomall.id. Otomall menawarkan harga servis termurah dibandingkan bengkel lainnya. Otomall juga sudah bekerjasama dengan lebih dari 70 bengkel ganti oli dan bengkel umum di Jabodetabek yang akan memberikan pelayanan terbaik tanpa membutuhkan biaya yang mahal.