Teko Listrik Favorit Ibu Muda

Teko Listrik Favorit Ibu Muda

Lifestyle

Kebutuhan terhadap teko listrik tambah diburu beberapa waktu belakangan. Cuaca tidak menentu saat sinar matahari menyengat tetapi malah terasa dingin. Inilah yang menjadikan kendi canggih diperlukan di tengah masyakarat. Teko listrik bisa membantu memenuhi kebutuhan memasak air yang umum dilakukan pada pagi hari. Apalagi bila Anda menyukai minuman hangat misalnya coklat, kopi, teh atau susu. Proses pemakaian teko listrik juga sangat mudah.

Alat elektronik ini bisa diaktifkan ketika diperlukan saja. Begitu proses memanaskan air selesai dilakukan, alat ini bisa langsung dimatikan. Umumnya sisa air dibiarkan saja atau bisa juga dibuang. Anda dapat memulai memanaskan lagi dan tidak harus mempedulikan hasil rebusan sebelumnya. Selama ada listrik, alat ini dapat dipakai dan berguna dengan baik. Hanya perlu sedikit kesabaran saja, sebab diperlukan waktu detiknya 20 menit untuk dapat air mendidih dari alat ini.

Teko listrik adalah alat elektronik yang fungsinya berkembang. Dari yang hanya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan air hangat, saat ini juga membantu untuk memasak makanan instant. Tidak cuma itu, teko listrik juga dipakai untuk merebus telur atau menghangatkan sayur dengan kuah Mengingat banyaknya fungsi yang dapat diambil dari teko listrik. Alat elektronik satu ini jadi salah satu alat yang harus ada di dapur rumah. Sebelum beli teko litrik, sebaiknya Anda mengetahui tips dan triknya. Cek artikel berikut ini.

  • Kapasitas Teko Listrik

Pertama, Anda harus menentukan berapa banyak air yang Anda perlukan. Segelas minuman kopi tentu berbeda dengan makanan instant kebuuhan air panasnya. Anda perlu mencermati, kebiasaan Anda menggunakan alat teko listrik ini. Hal ini agar Anda tidak rugi ketika memutuskan untuk membelinya. Jika Anda memakng hanya memerlukan untuk menyeduh minuman teh atau kopi sendirian, Anda bisa memilih teko listrik yang memiliki kapasitas tidak telalu besar.

Namun bila Anda memang memerlukannya juga untuk memasak makanan instan bersama anggota keluarga, mungkin Anda perlu teko listrik yang memiliki ukuran besar. Kapasitas umumnya menentukan daya listrik yang digunakan. Semakin kecil kapasitasnya, tentu penggunaan daya listrik semakin sedikit dan hemat.

  • Cermati Material Teko Listrik

Dibalik harga murah dan juga banyak kemudahan yang ditawarkan, teko listrik memiliki risiko bahaya tersendiri. Walau alat pemanas air ini aman dipakai, pemanas dengan bahan plastik pada dasarnya rentan terhadap bahaya dibandingkan pemanas dengan material stainless steel. Sebaiknya bila Anda membeli teko listrik dari material stainless steel.

Tidak sama dengan teko yang dipanaskan di atas kompor, teko listrik sering dipakai di atas meja. Temperatur teko dan uap panas yang keluar bisa melukai Anda sehingga Anda juga harus berhati-hati. Maka dari itu, pilih produk yang mempunyai lapisan ganda, di mana panas jadi lebih sulit dialirkan ke luar teko. Sebaiknya Anda juga membeli teko listrik yang steamless atau tidak mengeluarkan uap panas.

  • Fitur Auto Shut Off

Auto shut off atau boil dry protection merupakan fitur keselamatan yang amat penting. Fitur ini menjadikan teko listrik bisa mati sendiri bila airnya telah mendidih. Bila fitur ini tidak bekerja, bisa terjadi bahaya kebakaran yang besar saat Anda lupa mematikannya dalam waktu lama.

  • Kemampuan Penyimpan Panas

Memanaskan air menggunakan teko listrik sangat praktis dan hemat energi. Tetapi bisa sangat merepotkan bila air yang dipanaskan jadi dingin dan harus dipanaskan ulang. Tidak hanya membuang waktu, Anda juga jadi boros energi. Oleh sebab itu, pilih teko listrik yang bisa mempertahankan suhu air yang membuat tidak perlu berkali-kali untuk memanaskan air.

Fitur penting teko listrik untuk menjaga supaya air tetap hangat saat mendidih banyak diminati. Beberapa model bahkan sanggup menjaga air pada suhu yang Anda inginkan selama 30 menit-1 jam. Ada juga model teko listrik bahkan mempunyai pilihan menjaga kehangatannya, sehingga Anda dapat memilih saat perlu memakai fitur ini.

  • Fitur Pengatur Suhu

Saat memanaskan air matang untuk susu bayi, Anda tidak memerlukan air mendidih sampai bersuhu 100°C. Repot bila harus menunggu sampai suhu menurun dulu. Maka dari itu, lebih praktis bila Anda dapat mengatur suhu air yang Anda inginkan. Pada sejumlah teko listrik, suhu bisa diatur misalnya 60°, 80°, dan 100°C sehingga lebih memudahkan Anda untuk berbagai macam pemakaian.

Beberapa varian canggih mempunyai fitur pemilihan suhu yang memungkinkan Anda mendidihkan air ke tingkat yang diperlukan, misalnya 175 derajat untuk teh hijau dan 200 derajat untuk minuman teh herbal. Meskipun ini tidak menjadi fitur utama pada teko listrik, tetapi keberadaannya dapat menambah rasa nyaman dan bisa menarik minat banyak orang.